Mengedukasi Anak Bahasa Inggris? Nggak Sulit Kok, Mom!

 

Setiap orang tua pasti menginginkan buah hatinya untuk menjadi seseorang yang hebat nantinya, dan tentunya para orang tua juga akan terus memberikan sang buah hati bekal terbaik untuk menghadapi masa depannya. Untuk menghadapi globalisasi yang terjadi, tentunya kemampuan bahasa akan menjadi suatu bekal yang sangat dibutuhkan kelak, terutama Bahasa Inggris. Karena Bahasa Inggris merupakan bahasa universal yang memang digunakan secara mendunia. Kelebihan dalam berkomunikasi dengan Bahasa Inggris secara fasih akan memberikan nilai tambah untuk anak tersebut dan membuat anak lebih siap dalam menghadapi dunia global.

Pengenalan Bahasa Inggris kepada anak dapat dilakukan sedini mungkin mulai dari rumah. Mengapa? Karena anak yang masih berusia dini masih sangat kritis untuk tahu lebih banyak, lebih gampang mencerna dan mengingat hal-hal baru yang mereka dapat, dan lebih mudah untuk mengasah mereka untuk memiliki kebiasaan berkomunikasi dengan Bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-harinya. Namun untuk menarik minat sang anak untuk mau belajar Bahasa Inggris, berikut beberapa tips dan trik yang dapat dilakukan, yaitu:

  • Biasakan anak untuk berkomunikasi dengan bahasa inggris dalam kesehariannya
    Biasakan untuk berkomunikasi dengan sang anak menggunakan Bahasa Inggris dalam kegiatan sehari-harinya. Anak-anak akan cenderung lebih cepat menguasai suatu hal jika lingkungan sekitarnya juga mendukungnya. Jika orang-orang sekitarnya berkomunikasi dengan Bahasa Inggris, anak tersebut otomatis akan menjawab dengan Bahasa Inggris dan hal tersebut akan mengasah kemampuan sang anak untuk melakukan percakapan dalam Bahasa Inggris dalam kesehariannya.
  • Belajar sambil bermain
    Belajar tidak harus selalu bersifat formal dan serius, belajar juga dapat dilakukan sambil bermain terutama untuk anak-anak agar suasana menjadi lebih santai dan menyenangkan. Ada banyak permainan yang bisa mengasah kemampuan bahasa inggris sang anak, beberapa diantaranya adalah bermain Hangman, ”Simon Says…”, Word Match, Blindfold, dan Cross Word puzzle. Anak-anak akan terasah untuk mengetahui lebih banyak kata dan kalimat. Ketika sedang bermain, anak-anak juga akan lupa bahwa sebenarnya mereka juga sedang belajar, sehingga mereka akan terbawa suasana enjoy dan menjadi lebih mudah mengerti dan mengingatnya.
  • Mendaftarkan anak ke kursus Bahasa Inggris
    Mendaftarkan sang anak untuk bergabung di kursus Bahasa Inggris juga merupakan suatu pilihan yang dapat dipertimbangkan. Dalam kursus bahasa inggris, sang anak akan dilatih untuk belajar bahasa inggris dari berbagai aspek, mulai dari listening, writing, reading, grammar, vocabulary dan lain-lain dengan guru yang berpengalaman. RISE hadir tidak hanya memberikan pengetahuan Bahasa Inggris kepada anak-anak, namun juga mengembangkan skill komunikasi, kolaborasi, pengembangan konsep, pemikiran yang kritis dan kreativitas dengan metode pengajaran yang unik.
  • Bercerita dengan anak dengan ilustrasi audio dan visual yang mudah dipahami
    Untuk mengedukasi anak-anak yang masih berusia dini, kita perlu memperhatikan beberapa aspek visual atau audio yang bisa menarik minat mereka. Bisa menggunakan buku dongeng bergambar/bersuara, kemudian bisa juga bercerita menggunakan media boneka, dll. Bisa disesuaikan sekreatif mungkin sehingga sang anak juga bisa mudah mengerti dan paham.

Sebagai orang tua, kita perlu menyiapkan bekal untuk anak di usia sedini mungkin agar anak-anak kita bisa tumbuh menjadi anak yang kita inginkan. Dan kita juga harus menyiapkan berbagai cara untuk menarik minat sang anak untuk mau tertarik belajar Bahasa Inggris agar mereka juga cepat menguasainya. Mengajari anak-anak itu sebenarnya mudah tapi dibutuhkan komitmen dan kesabaran dari orang tua. Semangat ya, Mom!

Related Content: